Blog Wisata | Plesiran

Sebuah Review Wisata Nusantara

Home · About · Contact · Music · Galery · BBM Android

Inilah Lokasi Diving di Pulau - Pulau Bali


Selama ini, Pulau Bali terkenal dengan keindahan pantainya yang menakjubkan, dengan memiliki pasir berwarna keemasan dan lautnya yang jernih berwarna kehijauan. Namun, tahukan Anda bahwa destinasi wisata nomor satu di Indonesia ini juga memiliki keindahan lain yang tak kalah cantiknya. Uniknya lagi, keindahan tersebut berada di bawah laut yang belum terjamah oleh siapapun.

Dalam kurun waktu beberapa waktu belakangan ini, Pulau Bali menjelma menjadi salah satu surga bagi kalangan penggemar olahraga menyelam (diving). Kebanyakan Divers (penyelam) terpesona akan pepaduan antara suasana misterius rongsokan kapal tenggelam, dengan terumbu karang dan air yang jernih. Nah, untuk Anda yang berniat memgikuti jejak para Divers dari seluruh dunia yang pernah menikmati keindahan alam bawah air yang ada di pulau dewa ini, berikut lima spot diving terbaik yang ada di Pulau Bali.

Candi Dasa
Candi Dasa adalah sebuah tempat peristirahatan atau resor yang terletak di Kbupaten Karangasem Bali. Daerah ini jaraknya kurang lebih 90 km di sebelah timur laut Denpasar. Candi Dasa terletak di Teluk Amuk yang merupakan salah satu tempat terkenal untuk menyelam. Pulau-pulau kecil di Teluk Amuk (Gili Tepekong, Gili Biaha, Gili Mimpang) menawarkan pengalaman menyelam yang menakjubkan. Namun, para pemandu penyelaman di sana harus memperingatkan para penyelam yang dipandunya untuk sangat berhati-hati karena arus tempat penyelaman yang sangat kuat dan seringkali tak bisa diperkirakan kehadirannya.

Beraneka macam karang lunak dan kipas laut yang berwarna warni akan menghibur hati. Demikian pula ikan kelelawar (batfish) berukuran besar dan ikan cupak berwarna keemasan. Gili Mimpang adalah tempat untuk melihat hiu karang tetapi jika kamu ingin bermain dengan rombongan ikan ekor kuning dalam jumlah besar maka Gili Biaha yang harus dituju.

Pulau Menjangan
Pulau Menjangan merupakan pulau kecil yang tak berpenghuni dan masih menjadi bagian dari pulau Bali yang terletak di 5 mil barat laut pulau Bali dan merupakan salah satu anggota Pulau Karimunjawa dan merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat. Menjangan dalam bahasa Bali berarti “kijang”. Pulau kecil berpasir putih ini diberikan nama menjangan dikarena di pulau kecil ini hidup sekelompok menjangan/kijang yang hidup secara liar di pulau ini.

Pulau yang kecil ini dikelilingi koral besar dan kecil yang merupakan habitat penyu, belut laut, ikan kakap dan ikan kelelawar. Menariknya, koral-koral tersebut berada cukup dekat dari garis pantai sehingga dapat dijelajahi dengan hanya ber-snorkeling. Para penyelam dalam mengeksplor lebih dalam untuk melihat terumbu karang dan kipas laut berukuran raksasa.

Nusa Penida
Berada dekat Selat Lombok, pulau ini menawarkan surga bagi para penyelam profesional yang ingin melihat ikan mola-mola dan manta. Ada beberapa tempat menyelam yang terkenal, diantaranya Toyapakeh yang berair jernih dan memiliki hamparan koral yang cantik serta Crystal Bay dengan anemone dan beragam karang lunak.

Malibu Point juga terkenal sebagai tempat untuk melihat manta berukuran besar dan ikan mola-mola utamanya pada bulan Juli hingga September. Pulau Nusa Lembongan yang letaknya berdekatan juga memiliki beberapa situs selam menarik.

Pemuteran
Pantai Pemuteran terletak sekitar 50 Km barat kota Singaraja, atau sekitar 30 Km dari Pelabuhan Gilimanuk. Berada di Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak, kabupaten Buleleng. Dapat ditempuh sekitar 3 – 4 jam perjalanan dari Kuta.

Pemuteran adalah sebuah desa yang masih alami, dan jika anda mencari tempat berlibur yang tenang dengan pemandangan alam yang indah, cobalah menginap di kawasan wisata Pemuteran ini. Disini anda bisa melihat matahari terbit sekaligus terbenam dibalik gunung Semeru Jawa Timur.

Desa Pemuteran terletak di bawah perbukitan dengan hutan yang menghijau dan diutara berupa hamparan laut yang sangat luas dengan pantai pasir hitamnya. Pantainya memiliki garis pantai sepanjang 6 km, di sebuah teluk yang sangat indah. Kehidupan disini sangat tenang karena sebagaian besar penduduk sebagai petani dan nelayan, rutinitas yang sudah berlansung sejak lama dan memang dilestarikan.

Jika anda ingin belajar diving atau menyelam, cobalah mulai dari sini. Pantai Pemuteran memiliki ombak yang tenang, dengan koleksi terumbu karang yang cukup lengkap sekitar 80% jenis terumbu karang di Indonesia dapat anda temukan disini. Itu sebabnya kawasan terumbu karang disini pernah mendapatkan penghargaan pada tahun 2003 dari organisasi SKAL karena keindahan dan kelengkapan terumbu karangnya.

1 Komentar untuk "Inilah Lokasi Diving di Pulau - Pulau Bali"

  1. salam kenal mas..
    kami hanya ingin memperkenalkan tempat wisata scuba diving yang menarik yaitu di pulau sumatra barat..
    kunjungi kami
    klik disini
    terima kasih.

    ReplyDelete