Blog Wisata | Plesiran

Sebuah Review Wisata Nusantara

Home · About · Contact · Music · Galery · BBM Android

Menelusuiri Kesejukan Air Terjun Sumber Pitu di Malang



Kabupaten Malang tidak henti – hentinya menawarkan pesona wisata. Kota berhawa sejuk ini menyimpan banyak potensi wisata bernuansa alam yang belum terjamah oleh banyak orang. Nah, Salah satu wisata yang dimaksud adalah “Air Terjun Sumber Pitu”. Obyek wisata ini belum banyak dikenal oleh masyarakat sehingga suasananya masih alami.


Air terjun Sumber Pitu terletak di Desa Duwet Krajan, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Desa ini terletak di wilayah paling selatan Kecamatan Tumpang dan berbatasan dengan Taman Nasional Bromo Tengger  Semeru. Coban yang berjarak sekitar 30 km dari pusat kota Malang ini merupakan salah satu sumber mata air terbesar di desa Duwet Krajan.


Pemandangan alam sumber pitu cantik, alami dan sejuk sangat potensial dikembangkan menjadi lokasi wisata alam. Untuk mencapai air terjun Sumberpitu, bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Bila dengan kendaraan umum, dari pasar Tumpang naik angkot jurusan ke Gubugklakah dan kemudian turun di pertigaan balaidesa Wringinanom. Di sini telah terpampang sebuah spanduk dan foto air terjun Sumberpitu tersebut. Dari pertigaan Desa Wringinanom ini air terjun Sumberpitu masih sekitar 3 km lagi. Dari sini, Anda berbelok ke kiri dan akan memasuki ke Desa Duwetkrajan.

Setelah sampai di Balai Desa Duwetkrajan, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Lokasi air terjun Sumberpitu sendiri masih sekitar 2 km di sebelah utara Desa Duwetkrajan. Bagi yang mempunyai hobby tracking, mungkin air terjun Sumberpitu ini sangat cocok untuk dicoba. Jalur yang akan dilalui keadaannya berupa jalan dari tanah liat dan sangat sempit, sehingga tidak dapat dilewati kendaraan bermotor. Selain itu jalannya berliku-liku, menantang dan terjal. Jalan ini sering dilalui oleh pendaki dan para tracker.

Rute menuju Sumber Pitu juga cocok dilewati dengan kendaraan bermotor jenis trail. Sebab, banyak sekali kelokan, medannya juga cukup sulit, naik turun cukup curam.  Selama perjalanan, Anda akan disuguhi pemandangan yang eksotik dan luar biasa indahnya. Antara lain pemandangan perbukitan yang banyak ditanami apel milik warga, lahan sayur-sayuran, tebing dan bebatuan yang sangat memukau. Hawa yang segar dan sejuk membuat kita tidak terasa dalam menempuh perjalanan untuk menuju lokasi Sumberpitu.


Anda juga akan melewati sungai yang jernih dengan beberapa air terjun kecil di sepanjang perjalanan.

Sayangnya tempat wisata ini belum dikelola secara maksimal karena jauhnya lokasi dan minimnya promosi. Rencananya sumber air dari Sumberpitu ini akan dimanfaatkan oleh PDAM Kabupaten dan Kota Malang untuk disalurkan untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat Kabupaten Malang dan Kota Malang. Bahkan akses jalan menuju Sumberpitu juga akan dibangun sebagai penunjang tempat wisata ini.


Belum ada komentar untuk "Menelusuiri Kesejukan Air Terjun Sumber Pitu di Malang"

Post a Comment