Blog Wisata | Plesiran

Sebuah Review Wisata Nusantara

Pesoana "Pulau Moyo" Sumbawa



Kekayaan alam yang beraneka ragam membuat wilayah diseputar Indonesia menimbulkan kesan eksotisme tersendiri bagi para pengunjung yang menghabiskan berliburnya di wilayah – wilayah menarik yang berada di wilayah sekitar Indonesia tersebut. Sebut saja misalkan dengan wisata berkunjung ke Pulau yang berada di seputar Indonesia. Nah, sahabat wisatawan mari kita berkenalan menelusuri jejak salah satu pulau yang ada di Indonesa, yaitu “Pulau Moyo”.



Bagi para wisatawan di Indonesia Pulau Moyo barangkali masih jarang terdengar asing, namun tidak begitu halnya bagi para turis mancanegara. Tercatat beberapa selebriti kondang sudah pernah menginjakkan kakinya ke Pulau Moyo, seperti Mick Jagger, mendiang Putri Diana, serta mantan kiper Manchester United, Edwin van der Sar.

Pulau Moyo yang terletak di sebelah utara Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat menjadi pilihan wisata beberapa orang dikarenakan tempat ini merupakan kawasan yang sunyi namun menyimpan keindahan yang menyejukkan. Suasana yang sunyi sepi di balut keindahan pesona alam sekitarnya menghadirkan kedamaian jiwa dan kepuasan tersendiri.


Salah satu objek yang sangat menarik di Moyo adalah air terjun Mata Jitu yang konon pernah menjadi tempat untuk mandi Lady Di. Wow, mantap kan?, oleh karenanya titik ini juga sering disebut dengan air terjun Lady Di. Aliran air di tempat ini sangat tenang berwarna hijau kebiruan. Bebatuan dan daun yang jatuh ke dasar sungai sangat jelas terlihat karena permukaan air yang jernih, luar biasa mengagumkan.

Selain eksotisme alamnya, Pulau Moyo juga menjadi rumah bagi aneka fauna seperti rusa timor, banteng, babi hutan, sapi liar dan lain-lain. Tidak hanya itu, sejumlah burung langka yang dilindungi seperti kakatua jambul kuning, burung gosong, koakiau tandung, beo sumbawa, punglor dan ayam hutan. Total ada 86 jenis burung dan 21 jenis kelelawar yang bermukim di alam bebas Moyo. Tak heran jika pemerintah menetapkan sejumlah wilayah pulau ini sebagai kawasan Taman Wisata Alam Laut seluas 6.000 hektar dan Taman Buru seluas 22.250 hektar.

Hmm, memang benar adanya kalau Indonesia di sebut surga dunia, keindahan alam banyak memikat rasa penasaran para pengunjung, dengan pesona alamnya yang mampu menyihir para wisatawan baik lokal maupun Manca Negara termasuk pesona Pulau Moyo. Nah, biar anda tidak penasaran, silahkan langsung saja untuk mengisi waktu berlibur menjajal ke Pulau Moyo di jamin terkagum – kagum dan tak bisa berkata apa – apa melihat alam sekitarnya.  

Jika Anda ingin berlibur ke destinasi ini, Pulau Moyo dapat ditempuh dari Mataram, Lombok dengan menyeberangi Sumbawa melalui Pelabuhan Kayangan menuju Pelabuhan Poto Tano Setelah itu, Anda harus melintasi jalur darat menuju Kabupaten Sumbawa. Total waktu perjalanan sekitar 6 jam. Dari Sumbawa perjalanan dilanjutkan dengan menyeberang ke Pulau Moyo. Anda bisa menggunakan penyeberangan rakyat yang tersedia setiap hari. Kapal rakyat dari Moyo tiba ke Pelabuhan Muara Kali di Sumbawa sekitar pukul 9 pagi dan berangkat lagi ke Moyo pada pukul 11. 30 siang.  Tarif kapal ini mulai Rp. 20 ribu hingga Rp. 25 ribu per orang dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Anda harus menginap minimal semalam di Moyo karena kapal yang sama baru akan berlayar lagi keesokan harinya.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Pulau Moyo Sumbawa dengan judul Pesoana "Pulau Moyo" Sumbawa. Jika kamu suka, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By : Blog Wisata | Plesiran
Ditulis oleh: Unknown - Saturday, January 11, 2014

Belum ada komentar untuk "Pesoana "Pulau Moyo" Sumbawa"

Post a Comment