Blog Wisata | Plesiran

Sebuah Review Wisata Nusantara

Pagoda yang Menggoda di Sumatera Utara

Bila Anda berkunjung ke Medan, disarankan jangan berhenti sampai di kota itu saja ya, sebab Anda masih bisa menelusuri jejak - jejak daerah-daerah lain di luar Medan yang menawarkan beragam atraksi wisata yang luar biasa dan tak kalah menariknya. Diantaranya anda bias menemukan di Tanah Karo.

Terletak di Desa Tongkoh, Kecamatan Dolatrayat, Kabupaten Karo, terdapat sebuah atraksi wisata yang membuat Anda tidak merasa di Indonesia. Destinasi wisata ini adalah Taman Alam Lumbini. Letaknya 50 km dari Medan, memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan dengan berkendara, sangat dekat dengan tujuan wisata lainnya, yaitu  Berastagi.

Untuk masuk ke kawasan Taman Alam Lumbini, anda tidak akan dipungut biaya untuk tiket masuk sepeser pun alias gratis tis. Bagi setiap pengunjung yang memasuki ke lokasi Taman Alam Lumbini hanya mengisi buku tamu yang terdapat di depan gerbang masuk. Namun tenang saja, karena objek tujuan wisata ini dikelola dengan manajemen profesional. Objek wisata ini sudah memperlengkap diri dengan fasilitas penunjang yang akan menyamankan dan memanjakan para pengunjung yang datang untuk berwisata ke tempat ini.

Taman Alam Lumbini seluas 3 hektar ini memiliki beberapa keistimewaan yang menarik para wisatawan untuk berkunjung. Yang paling menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk datang ke Taman Alam Lumbini adalah keberadaan Replika Pagoda Shwedagon yang berada di Myanmar.  Pagoda yang terdapat di Taman Alam Lumbini ini merupakan replika tertinggi kedua yang berada di luar Myanmar, dan merupakan pagoda tertinggi di Indonesia. Pagoda ini telah dibuka untuk umum sejak 2010.

Untuk menuju ke Pagoda ini, Anda akan melewati sebuah jembatan gantung sebagai alat penyebarangan yang dipadukan dengan puluhan lentera yang bergelantungan. Jembatan gantung sepanjang 20 meter ini dikenal dengan nama Titi Lumbini. Di bawahnya terdapat taman yang super indah yang ditata dengan apik dan cantik, sebagai harmonisasi dari suasana hutan alam di sekelilingnya yang tampak demikian indah. Ditambah dengan udara yang sejuk dena alami turut mengiringi jalan-jalan anda menuju Pagoda yang pastinya sudah Anda nanti-nantikan. 

Sesampainya di area Pagoda, Anda seolah disambut oleh kemegahan Replika Pagoda Shwedagon yang bercat emas dengan arsitektur yang begitu indah. Relief-relief  menarik dan patung-patung Buddha turut melengkapi dan menghiasi bangunan utama Pagoda ini. Di sebelah kiri bangunan utama Pagoda, terdapat sebuah menara yang memiliki puncak berbentuk bekisar. Di bawahnya terdapat hiasan sulur berupa gelang-gelang emas sepanjang 1,5 meter. Di puncak Pagoda, terdapat puluhan lonceng sebagai penghias yang akan berdentang jika tertiup angin.

Di sekitar pagoda terdapat banyak sekali kebun strowberry dan sayuran yang tumbuh dengan subur. ornamen yang khas dan warnanya yang keemasan, bangunan pagoda ini terlihat begitu indah dan sangat megah. Tapi untuk menikmati indahnya pagoda dari luar dan dalam bangunan, semua orang boleh masuk. Sebelum masuk kita harus melepas alas kaki dan meletakkannya di rak yang telah disediakan disamping pintu masuk. Di samping bangunan pagoda juga terdapat taman dengan bunga-bunga yang bermekaran dan patung-patung yang menambah indahnya pagoda di Taman Alam Lumbini ini.


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Pagoda di Sumatera dengan judul Pagoda yang Menggoda di Sumatera Utara. Jika kamu suka, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By : Blog Wisata | Plesiran
Ditulis oleh: Unknown - Saturday, January 11, 2014

Belum ada komentar untuk "Pagoda yang Menggoda di Sumatera Utara"

Post a Comment